RSS Feed

Operasi Barbarossa!! Upaya Nazi-Jerman menggulung Uni-Soviet

Posted by theo sekeon

Operasi Barbarossa (Jerman: Unternehmen Barbarossa) adalah sebutan invasi tentara Nazi Jerman di Uni Soviet pada Perang Dunia II. Invasi ini dimulai pada tanggal 22 Juni 1941. Barbarossa adalah nama seorang Kaisar Jerman pada Abad Pertengahan.



Mula-mula pasukan Adolf Hitler menang dengan taktik Blitzkrieg nya, tetapi musim dingin tiba dan ini adalah sekutu terbaik Rusia. Pasukan Jerman mampu menghancurkan pasukan-pasukan Uni Soviet namun gagal memperhitungkan kemampuan Uni Soviet untuk secara terus-menerus memperbarui dan mempersenjatai pasaukan baru. Yakin bahwa Jepang tidak akan menyerang di Timur, Stalin juga menarik pasukan Uni Soviet dari Siberia untuk mempertahankan Moskwa dan melakukan serangan balik. Pasukan Jerman dapat menekan sampai beberapa kilometer dari Moskwa, namun serangan balik Uni Soviet di tengah musim dingin akhirnya berhasil mematahkan Operasi Barbarossa. Hitler mengharapkan pukulan cepat dan tidak mempersiapkan perang yang berkelanjutan di tengah musim dingin Rusia.

Tanggapan dari saya, bahwa ini merupakan kesalahan utama Hitler dalam PD II yg menyeret Jerman dalam kekalahan. Seharusnya Hitler harus bersabar dg menaklukan Inggris terlabih dahulu baru menghantam sovyet, namun ternyata kerja AS dan Sekutunya sgt apik sehingga Jerman pun terperosok dalam jebakannya sehingga perang Jerman-Russia ini pun tak terpelakkan..

2 komentar:

  1. Unknown

    Uni Sovyet sulit dikalahkan

  1. Unknown

    Sulit mengalahkan Uni Sovyet dikandangnya, komentar balik ya ke blog saya www.goocap.com

Posting Komentar